Pijat refleksi memiliki banyak manfaat, bukan hanya secara fisiologi, tetapi juga secara psikologi, dan spiritual. Konon, pijat refleksi bermanfaat untuk memberikan relaksasi dan untuk menstimulasi tubuh agar dapat menyembuhkan dirinya sendiri dan meningkatkan kekebalannya terhadap penyakit.
Selain itu, pijat refleksi juga ternyata bisa mengurangi rasa sakit sehingga kita tidak tergantung pada obat-obatan yang biasa kita konsumsi sebagai pain killer. Tetapi, manfaat utama pijat refleksi adalah melancarkan peredaan darah.

Ini bisa diketahui dari peningkatan suhu tubuh setelah sesi pemijatan, yang menunjukkan bahwa aliran darah sudah lebih lancar. Dengan peredaran darah yang lebih lancar, tentu banyak penyakit-penyakit lain yang berkaitan dengan pembuluh darah secara tidak langsung dapat teratasi.
Misalnya saja, problem tekanan darah. Jika pembuluh darah menyempit, tentu tekanan darah akan meningkat. Bayangkan aliran air dalam selang yang ditekan bagian ujungnya.

Semakin sempit salurannya, tentu semprotan airnya akan lebih kencang. Dengan pijat refleksi, saluran pembuluh darah bisa diperlebar dan tekanan darah tentu akan menurun.
Selain itu, jika aliran darah lancar, sumbatan-sumbatan di pembuluh darah kemungkinan besar akan lepas, dan yang paling mendapat manfaat biasanya adalah pembuluh darah jantung.
Walaupun tidak secara langsung menyembuhkan, pijat refleksi bisa bermanfaat untuk memperbaiki kerja organ-organ tubuh dan mengurangi potensi penyakit.

Banyaknya manfaat pijat refleksi, boleh jadi menyadarkan Anda bahwa manfaat pijat refleksi tidak hanya untuk memanjakan diri, tetapi juga dapat meningkatkan vitalitas dan kesehatan.